Breaking News

Baznas Gelar Festival Kuliner Halal untuk Tarik Wisatawan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar festival kuliner halal di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna menarik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.
"Kami melihat laporan wisatawan domestik yang datang ke Sulut tahun 2017 sebanyak 2 jutaan yakni sama dengan jumlah penduduk Sulut," kata Ketua Baznas Provinsi Sulut H Abid Takalamingan di Manado, Sabtu.

Namun, katanya, jumlah tersebut bisa meningkat lagi, karena banyak wisatawan domestik enggan kunjungi Sulut sebab takutnya sulit mendapatkan makanan yang halal.
Padahal, katanya, hal tersebut tidak demikian, masyarakat Sulut sangat terbuka dan terkenal dengan toleransi yang tinggi.

Atas dasar itu, katanya, Baznas bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pengadilan Tinggi Manado menggelar Festival Kuliner Halal di Kota Manado mulai 25-31 Maret 2018 di Kawasan Megamal Manado.

"Kami akan menghadirkan semua makanan khas daerah di 34 provinsi yang ada di Indonesia," katanya.
Pihaknya mengundang semua mustahiq yang ada perutusan dari semua provinsi untuk mengisi semua tenant yang disiapkan. "Dengan tujuan pula, kegiatan ini akan berlanjut menciptakan pojok kuliner halal Manado yang bisa dikunjungi semua wisatawan yang datang," katanya.

Dia menjelaskan dalam festival ini juga dilakukan berbagai kegiatan yakni menghadirkan tenant-tenant kuliner khas nusantara serta Lomba Masak Kuliner, masakan yang dilombakan adalah makanan daerah- daerah.

Pada hari pertama dilaksanakan acara pembukaan Festival Kuliner Halal Nusantara yang rencananya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Direktur Koordinator Pendistribusian BAZNAS RI, Kepala Kanwil Kementriaan Agama Sulut. 

Pada hari yang sama dilaksanakan juga Talk Show Pemberdayaan Mustahiq Untuk Mendorong Ekonomi Kreatif di Sulawesi Utara yang hadir sebagai pembicara Deputi Direktur Bidang Advesory & Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Sulut. Direktur Koordinator Pendistribusian BAZNAS RI. Ketua APINDO Sulawesi Utara, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Selasa 27 Maret 2018 ada Muzakki Gathering. Acara ini dihadiri oleh seluruh Muzakii Aktif , Calon Muzakki dan Utusan dari UPZ Instansi yang ada di Sulawesi Utara. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Baznas dengan para muzakki.

Festival Kuliner Halal Nusantara ini nantinya akan menghasilkan sebuah lokasi Destinasi Kuliner yang memberikan peluang bagi umat Islam baik Muzakki maupun Mustahik dalam mengakses peluang bagi peningkatan ekonomi ummat Islam secara menyeluruh.

Tidak ada komentar